Prediksi Arsenal vs Chelsea, Final FA Cup: Menanti Pembuktian Wenger

Prediksi Arsenal vs Chelsea, Final FA Cup: Menanti Pembuktian Wenger

82
0
SHARE

Kompetisi Piala FA musim 2016/2017 telah memasuki tahap akhir, di mana 2 klub asal London, yakni Arsenal dan Chelsea akan bertemu di partai final pada akhir pekan ini. Bentrokan sengit kedua tim ini akan berlangsung di Wembley Stadium pada hari Sabtu (27/5) pukul 23.30 WIB.

Raihan trofi Piala FA setidaknya akan mengobati luka para fans Arsenal, menyusul penampilan mengecewakan tim besutan Arsene Wenger musim ini. Sementara lawan mereka, Chelsea memiliki kesempatan untuk mengawinkan gelar musim ini dan mengkonfirmasi dominasi The Blues di Inggris, setelah sebelumnya dinobatkan sebagai juara Liga Premier Inggris musim 2016/2017. Dengan demikian laga antara 2 rival London ini diperkirakan bakal berlangsung ketat dan sengit, di mana kedua tim akan berusaha keras untuk meraih kemenangan di pertandingan terakhir mereka musim ini.

Arsenal tampak solid dalam beberapa pekan terakhir menjelang penutupan Liga Premier Inggris musim ini. Penampilan The Gunners sangat mengesankan setelah memenangkan 5 pertandingan terakhir mereka di Liga Premier Inggris.

Namun, hal itu tidak membantu pasukan Wenger untuk mengklaim posisi keempat klasemen dalam perlombaan tiket Liga Champions. Hasil tersebut sekaligus membuat Arsenal akan melewatkan kompetisi sepakbola paling elit di Eropa itu untuk pertama kalinya selama lebih dari 20 tahun.

Hal baiknya adalah, bahwa Alexis Sanchez tampil gemilang dalam beberapa pertandingan terakhir dengan berhasil mencetak 5 gol dalam 4 pertandingan terakhir. Dengan demikian, bintang asal Chile ini tentu akan menjadi ancaman serius bagi lini pertahanan Chelsea.

Sementara dari kubu Chelsea, manajer Antonio Conte tentu tidak akan membayangkan sebelumnya jika dirinya akan sukses di musim debutnya di kompetisi paling ketat di dunia itu dengan mengangkat trofi untuk mengalahkan beberapa manajer top dunia seperti Pep Guardiola, Jose Mourinho, Arsene Wenger dan Jurgen Klopp.

The Blues telah tampil fantastis sejak manajer asal Italia itu mengubah taktik permainan The Blues dengan memakai formasi 3-4-3 yang menjadi andalannya selama menukangi Juventus dan timnas Italia. Selain itu, Diego Costa, CS tampil meyakinkan menjelang akhir musim dengan mencetak 9 gol dalam kemenangan berturut-turut atas Watford dan Sunderland di Stamford Bridge.

Jika menilik dari sejarah pertemuam kedua tim, Arsenal masih unggul dengan 7 kemenangan lebih banyak menjelang pertemuan ke-168 mereka dengan Chelsea. Namun demikian, The Blues telah jauh lebih baik dalam beberapa musim terakhir setelah mengklaim 3 kemenangan dalam 4 bentrokan terakhir melawan The Gunners.

Sementara pada musim ini, kedua tim berbagi kemenangan di kandang masing-masing. Arsenal berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 3-0 ketika kedua tim bertemu di Emirates Stadium pada awal musim. Selanjutnya, Chelsea mengklaim kemenangan dengan skor 3-1 di Stamford Bridge pada pertemuan paruh kedua musim ini.

Dan jelang laga kali ini, Wenger memiliki masalah di sektor pertahanan menyusul absennya beberapa pilar utamanya. Kapten The Gunners, Laurent Koscielny dipastikan absen karena akan menjalani hukuman larangan pertandingan, di tambah Gabriel Paulista yang masih berkutat dengan cedera. Sementara, Shkodran Mustafi masih diragukan tampil setelah absen dalam kemenangan 3-1 atas Everton pada akhir pekan kemarin. Dengan demikian, Per Mertesacker yang jarang mendapatkan kesempatan bermain sepanjang musim ini, kemungkinan akan menjadi pilihan untuk manajer asal Prancis.

Dengan memakai formasi 3-4-2-1, Wenger akan mengandalkan Danny Welbeck sebagai ujung tombak serangan. Ia nantinya akan dibantu oleh Alexis Sanchez dan Mesut Ozil sebagai gelandang serang. Sementara kurangnya pilihan pemain di lini pertahananan akan memaksa Wenger untuk menurunkan trio bek, Mertesacker, Rob Holding dan Nacho Monreal untuk mengawal jantung pertahanan Arsenal. Sedangkan Petr Cech akan kembali mengambil tempatnya di bawah mistar Gawang.

Sementara dari kubu Chelsea, Conte akan turun dengan skuat yang optimal, selain Ruben Loftus-Cheek yang absen karena cedera punggung. Bos The Blues kemungkinan akan bertahan dengan Starting XI yang sama ketika membantu tim meraih gelar, meskipun Cesc Fabregas berharap bisa tampil sebagai starter bersama N’Golo Kante di lini tengah.

Dengan memakai formasi 3-4-3, Diego Costa akan menjadi ujung tombak serangan. Ia nantinya akan dibantu oleh Eden Hazard dan Pedro yang akan menusuk dari sektor sayap. Sementara itu, trio bek, David Luiz, Gary Cahill dan Cesar Azpilicueta akan mengawal jantung pertahanan The Blues. Sedangkan Thibaut Courtois akan berada di bawah mistar gawang.

Prediksi Line Up Arsenal vs Chelsea
Arsenal: Cech, Holding, Mertesacker, Monreal, Gibbs, Xhaka, Ramsey, Chamberlain, Sanchez, Ozil, Welbeck.

Chelsea: Courtois, Azpilicueta, Luiz, Cahill, Moses, Fabregas, Kante, Alonso, Pedro, Costa, Bahaya.

Head to Head Arsenal vs Chelsea
04/02/17 Chelsea 3 – 1 Arsenal
24/09/16 Arsenal 3 – 0 Chelsea
24/01/16 Arsenal 0 – 1 Chelsea
19/09/15 Chelsea 2 – 0 Arsenal
02/08/15 Arsenal 1 – 0 Chelsea

5 Pertandingan Terakhir Arsenal
07/05/17 Arsenal 2 – 0 Manchester United
11/05/17 Southampton 0 – 2 Arsenal
13/05/17 Stoke City 1 – 4 Arsenal
17/05/17 Arsenal 2 – 0 Sunderland
21/05/17 Arsenal 3 – 1 Everton

5 Pertandingan Terakhir Chelsea
30/04/17 Everton 0 – 3 Chelsea
09/05/17 Chelsea 3 – 0 Middlesbrough
13/05/17 West Bromwich Albion 0 – 1 Chelsea
16/05/17 Chelsea 4 – 3 Watford
21/05/17 Chelsea 5 – 1 Sunderland

Persentase Kemenangan
Arsenal: 30%
Chelsea: 36%
Seri: 34%

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY